top of page
  • Writer's pictureldsdigital

5 Pantangan Makanan Bagi Pengidap Diabetes


Bagi para pengidap diabetes disarankan untuk menjaga pola makan. Bahkan ada beberapa makanan yang menjadi pantangan seperti karbohidrat misalnya. Selain itu, makanan yang menjadi pantangan seperti makanan tinggi kalori dari karbohidrat dan gula, yang menjadi penyebab gula darah melonjak dengan pesat. Makanan tersebut dikelompokkan sebagai jenis Indeks Glikemik tinggi, yaitu makanan dengan kadar gula yg mudah diolah sangat cepat menjadi glukosa. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan bagi para pengidap diabetes. Diantaranya seperti:


1. Nasi putih dan berbahan dasar tepung terigu

Menurut UK Diabetes Association makanan yang menjadi pantangan paling umum untuk dihindari bagi para pengidap diabetes yaitu seperti Roti, pasta, dan nasi putih karena menjadi sumber utama dari karbohidrat sederhana. Namun, Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa menggantinya dengan jenis makanan di bawah ini:

-. Nasi Merah -. Ubi Jalar -. Roti Gandum -. Pasta Gandum


2. Makanan Kaya Lemak Trans

Makanan yang mengandung kombinasi minyak goreng dan karbohidrat tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah yang dapat memicu resistensi insulin dan sindrom metabolik yang dapat menyebabkan diabetes dan mengurangi kadar kolesterol baik


Contoh :

-. Gorengan -. Selai & margarin -. Makanan kaleng yang diawetkan


3.Buah Kering

Buah merupakan makanan sehat bagi semua orang, termasuk bagi para pengidap diabetes. Namun, buah kering tidak termasuk sebagai makanan yang sehat. Karena sudah menghilangkan kandungan air di dalam buah dan hanya kandungan gula alami yang tersisa.


Dalam proses pengeringan pun, kandungan vitamin dan nutrisi ikut hilang, buah segar tetap menjadi pilihan terbaik.


4. Saos Botolan

Selanjutnya, makanan yang menjadi pantangan bagi para pengidap diabetes yaitu adalah saus botolan atau saus kemasan. Menurut USDA, dua sendok saus tomat setara dengan 16 gram gula. Nah, jika saos ini dikombinasikan dengan karbohidrat misalnya nasi atau kentang goreng, tentu akan membuat kadar gula yang dikonsumsi menjadi lebih tinggi.


Buatlah Saus tomat dan sambal sendiri dengan bahan alami.


5. Salad Dressing

Semangkuk sayuran sebenarnya tidak masalah bagi pengidap diabetes. Namun, lain cerita jika Anda menambahkan sayuran tersebut dengan saus dressing, seperti salad pada umumnya.


Saus dressing, salah satunya seperti mayonaise. Mayonaise di dalamnya mengandung gula tambahan, tapi juga tinggi garam dan lemak. Maka dari itu kurang baik bagi para pengidap diabetes untuk mengkonsumsi salad.


Untuk Anda pengidap diabetes perlu untuk memperhatikan pola makan yang benar. Perlu untuk memperhatikan makanan dengan benar agar penyakit diabetes tidak menjadi lebih parah.


Nah, itu dia 5 jenis makanan yang pantang untuk dikonsumsi para pengidap diabetes. Jika Anda malas ribet-ribet untuk mengatur pola makan, Anda bisa berlangganan katering sehat. Dengan Anda berlangganan katering sehat Anda tidak perlu khawatir dengan kandungan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh, hal itu juga berlaku untuk kalian pengidap diabetes yang perlu perhatian khusus pada makanan. Karena semuanya telah disiapkan oleh jasa Healthy food Jakarta. Untuk Anda yang ingin berlangganan catering sehat bisa percayakan Terra resto. Terra Resto adalah tempat makan sehat yang juga menyediakan catering diet di Jakarta Selatan dan. Terra Resto merupakan salah satu restoran terbaik yang menyajikan makanan diet di Indonesia.

113 views
bottom of page